20101204

Pentingnya Menuntut Ilmu

Segala puji bagi Allah, kami memuji, memohon pertolongan, memohon ampunan dan bertaubat hanya kepada-Nya. Dan kami berlindung kepada Allah dari keburukan yang ada pada diri kami dan dari kejelekan amal-amal perbuatan kami. Barangsiapa yang Allah beri petunjuk maka tiada kesesatan baginya, dan barangsiapa yang telah Allah sesatkan maka tiada petunjuk baginya. Saya bersaksi tiada sesembahan yang berhak disembah kecuali hanya Allah tiada sekutu bagi-Nya.

Dan saya bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, sholawat dan salam tercurahkan baginya, para keluarga, dan para sahabat beliau.
.
Dalam sebuah hadis – hadis Abu Darda’ dalam “Al-Musnad” dan selainnya tentang penjelasan keutamaan ilmu dan kedudukan ahli ilmu – sabda Nabi kita –shollahu alaihi wa sallam- dalam hadis beliau yang mulia dan singkat namun padat:
.
مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ وَإِنَّ الْمَلَائِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضًا لِطَالِبِ الْعِلْمِ وَإِنَّ طَالِبَ الْعِلْمِ يَسْتَغْفِرُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ حَتَّى الْحِيتَانِ فِي الْمَاءِ وَإِنَّ فَضْلَ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ إِنَّ الْعُلَمَاءَ هُمْ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ إِنَّ الْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلَا دِرْهَمًا إِنَّمَا وَرَّثُوا الْعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ
.
Barangsiapa yang melalui suatu jalan untuk mendapatkan ilmu, maka Alloh akan memudahkan jalannya menuju surga. Dan sesungguhnya para malaikat akan menaruh sayap-sayapnya, ridho dengan mereka, dan para penuntut ilmu akan dimintakan ampun bagi mereka oleh semua makhluk ada di langit dan di bumi, bahkan seekor ikan yang ada dilautan.

Dan sesungguhnya keutamaan seorang alim yang berilmu dengan seorang abid ahli ibadah seperti terangnya cahaya bulan purnama dengan cahaya bintang-bintang. Sesungguhnya ulama adalah pewaris para Nabi, dan para Nabi tidak mewariskan dinar atapun dirham namun mereka mewariskan ilmu, barangsiapa yang mengambil ilmu tersebut maka dia telah mengambil bagian atau keuntungan yang sangat banyak
.

No comments:

Post a Comment